Friday, March 11, 2011

Kata Siapa Menulis Itu Sulit?

Oleh: Udi Sukrama
Kemarin, saya berbincang-bincang dengan seorang kawan yang memiliki ide cukup banyak dan pandai beretorika. Lalu, saya katakan kepadanya agar ide dan kemampuan ngocehnya itu dituangkan kedalam sebuah tulisan. Kontan saja ia merasa keberatan karena menurutnya orang menulis itu sulit dan untuk melakukannya diperlukan bakat khusus. Menurutnya lagi bahwa orang yang berani menulis itu bukan orang sembarangan. Saya hanya mengatakan bahwa saya juga suka meuliskan “unek-unek” saya di media Blog. Lalu,kawan saya pun nyengir. Kemudian, ia menceritakan kendalanya bahwa ia pun sebenarnya ia pun ingin menulis tapi tidak tahu harus mulai dari mana. Sebenarnya menulis itu adalah hal yang mudah dan dapat dilakukan oleh siapa saja. Nah, yang dibutuhkan seseorang menulis adalah kemauan menulis. Jika tidak ada k kemauan untuk menulis, tentunya kita tidak mengetahui sejauhmana sudut pandang kita dalam memandang sesuatu.

Saya menulis tidak pernah berpikir terlebih dahulu mengenai pola penulisan, kebenaran peletakan kata, redudansi kaliamat, salah pemilihan kata dan yang lain ( terlecuali jika saya menulis buku pelajaran, terutama untuk anak-anak). Bagi saya menulis bagaikan bercerita biasa dalam kehidupan sehari-hari sehingga mengalir bagaikan air. Saya mengira bahwa sebenarnya setiap orang ingin menulis tentang apa yang ada di dalam pikirannya, tetapi sulit untuk menuangkannya. Oleh karena itu, tulis saja sesuai yang ada inginkan dahulu. Jangan pikirkan hal-hal yang rumit, justru dapat menghambat berkembangnya ide. Kemudian, singkirkan budaya malu untuk meminta pendapat kepada teman atau orang lain (berani menunjukkan hasil tulisan). Nah, untuk yang satu ini banyak pepatah yang menyatakan, contonya “Gajah di Pelupuk Mata Tak Nampak, tapi Kuman di Seberang Lautan Nampak”. Artinya, kita tidak pernah tahu, bahkan mau mengoreksi di mana kesalahan dan kekurangan tulisan kita. Oleh sebab itu, jadikan saran dan pendapat orang lain sebagai wahana belajar. Saya selalu menulis apa yang saya anggap menarik, lalu saya sebar ke beberapa teman di situs jejaring sosial (facebook) dan media Bloger. Nah sekarang, yuk kita awali menulis yang kita suka dahulu!

No comments: