Friday, February 25, 2011

Meskipun Mati, namun Harus Berarti

"Meski mati, namun harus berarti." Kalimat itulah yang menjadi obat disaat saya merasa lelah dan jenuh menghadapi permasalahan kehidupan. Mengapa demikian? Hal ini karena saya berpandangan bahwa manusia harus memiliki arti dalam kehidupan, sekecil apapun. Misalnya saja, dalam lingkup leluarga inti, seorang ayah paling tidak memiliki arti di mata isteri dan anak-anaknya. Nah, demikian juga saya. Paling tidak, selain memiliki arti di mata keluarga, juga harus berarti di mata orang yang melihat coretan-coretan sederhana saya, baik di media internet, maupun buku. Benar apa kata pepatah, "gajah mati meniggalkan gading", "harmau mati meninggalkan belang", dan "manusia mati meninggalkan budi". Nah, kalau saya pribadi harus mati dengan penuh arti melalui coretan sederhana. Dengan begitu, orang dapat mengingat saya, paling tidak bagi keluarga saya. Nah, melalui berbagai tulisan dan buku sederhana saya menuangkan sekelumit coretan saya yang tidak seberapa ini, namun harus berarti.
Saya berharap, semoga apa yang saya torehkan ke dalam bentuk coretan kecil saya itu dapat berkesan di mata orang lain.

No comments: